macam macam teh herbal
1. Teh Kamomil

     Teh kamomil sangat populer sebagai teh herbal yang selain rasanya nikmat juga memiliki banyak manfaat. Salah satu kandungan bunga kamomil adalah kaya akan antioksidan. Zat ini dapat mencegah komplikasi karena diabetes seperti kehilangan penglihatan, gangguan syaraf, dan kerusakan ginjal.
     Selain itu kamomil juga bisa menghambat perkembangan sel kanker, mengobati batuk dan bronkitis, meredakan flu dan demam. Bahkan kamomil juga dapat dijadikan obat kumur untuk mengobati radang mulut dan tenggorokan.
    Karena mengandung penenang, bagi orang yang kesulitan tidur di malam hari dapat meminum teh ini untuk membantu meredakan insomnia dan menenangkan lambung setelah makan. Pastikan kamu menyeduhnya dengan baik dan cukup lama agar larutan kamomilnya lebih pekat.
2. Teh Daun Sirsak

    Daun sirsak memiliki banyak gizi, vitamin dan sumber mineral seperti Vitamin B1, Vitamin C dan Vitamin B2 dan kandungan-kandungan lainnya yang sangat baik bagi tubuh. Manfaatnyapun segudang, seperti mencegah dan mengobati diabetes, asam urat, jerawat, kolestrol, penyakit jantung, kista, menguatkan sistem pencernaan, tekanan darah, hingga mencegah dan mengobati tumor.
    Bahkan, karena memiliki kandungan acetogenin annonaceous, daun sirsak dikatakan jauh lebih ampuh dari kemoterapi dalam mencegah dan mengobati penyakit kanker.
3. Teh Rosella

    Teh ini berasal dari bunga rosella atau kembang sepatu. Teh rosella sendiri dibuat dari campuran pucuk bunga, daun, dan kelopak bunga yang dikeringkan untuk kemudian diseduh menjadi teh yang memiliki warna merah menyala yang sangat cantik.
    Manfaatnya kini semakin banyak dikenal orang. Sebuah studi menemukan bahwa meminum tiga cangkir teh rosella tiap hari dapat menurunkan tekanan darah.
    Beberapa bahan kimia yang terkandung di dalamnya juga dapat mengurangi kejang pada perut, usus, dan rahim, serta bekerja seperti antibiotik untuk membunuh bakteri dan cacing. Namun perhatikan dan ikuti anjuran konsumsinya karena kandungan asam buahnya bekerja seperti pencahar.
4. Teh Rooibos (teh merah)

    Rooibos adalah tanaman herbal yang berasal dari Afrika Selatan namun kini banyak dijual di Indonesia. Tanaman ini terkenal memiliki antioksidan, dan vitamin C yang tinggi serta memiliki berbagai kandungan mineral sehingga berguna untuk menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit dan memperlambat proses penuaan.
    Banyak juga yang menggunakan rooibos untuk pengobatan masalah kulit seperti eksim. Setelah diolah menjadi bentuk teh, tanaman ini sangat mudah untuk dinikmati rasa dan khasiatnya.
5. Teh Sereh

    Serai atau sereh adalah tanaman herbal yang banyak digunakan dalam makanan Indonesia. Wanginya yang enak dan kandungannya yang membuat tubuh hangat membuat tanaman ini bagus untuk dijadikan minuman seperti teh sereh. Sereh sendiri memiliki banyak manfaat kesehatan.
    Teh serai juga diketahui bisa membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan memiliki efek menenangkan pada tubuh, sehingga dapat membantu menyembuhkan insomnia. Tanaman ini juga digunakan untuk mengurangi demam, meringankan kram perut dan menstruasi, melancarkan pencernaan, meringankan nyeri pada radang sendi, mencegah kembung.
    Serai juga memiliki sifat antibakteri dan antijamur, yang membuatnya menjadi obat efektif untuk berbagai keluhan. Manfaat kesehatan lainnya yaitu untuk detoksifikasi hati, pankreas, ginjal, kandung kemih dan saluran pencernaan, dan menjaga kadar kolesterol.
6. Teh Jahe

Jahe! Siapa yang enggak suka? 
      Mudah ditemukan di manapun dan rasanya yang nikmat membuat tanaman herbal ini menjadi bagian dari berbagai resep wajib yang digemari di seluruh dunia. Jahe berkhasiat untuk membantu sistem pencernaan, mencegah mual, dan meredakan perut enggak nyaman karena mabuk kendaraan. Cara membuatnyapun sangat mudah.
     Cukup rebus satu buah jahe selama 10 sampai 15 menit lalu tambahkan gula atau madu, bisa juga lemon, dan kamu sudah bisa menikmati enaknya teh jahe. Apalagi kalau kamu sedang flu. Selain dapat membantu pernapasan yang tersumbat, jahe juga merupakan obat alami untuk melawan kuman.
7. Teh Pepermin

     Selain mudah untuk ditanam dipekarangan rumah, pepermin rasanya segar sehingga banyak digemari orang. Salah satu cara yang paling mudah untuk membuat dan menikmati pepermin adalah dengan membuat teh pepermin. Teh pepermin sering digunakan untuk meredakan sakit perut dan masuk angin serta mual.
   Selain itu banyak yang menyeduh teh ini setelah berkegiatan berat untuk meredakan kejang otot. Kalau kamu demam, kamu juga bisa menyeduhnya untuk menghangatkan tubuh dan mengeluarkan keringat.
 8.Teh melati 

      adalah minuman teh yang diramu dengan bunga melati. Minuman ini berasal dari zaman Dinasti Song (960-1279 M). Biasanya teh melati dibuat dengan bahan dasar teh hijau atau teh putih. Rasa teh melati khas yang dihasilkan ramuan ini adalah rasa manis lembut dan biasanya dianggap sebagai teh yang tidak keras dan lebih gampang untuk dinikmati. Teh melati mengeluarkan wangi bunga melati saat diseduh, daunnyaberbulu halus tipis dan saat diseduh ke dalam cangkir terasa manis lembut.
9.Teh hijau
     
     



     Teh hijau Mardhini dibuat dari pucuk teh jenis Camellia sinensis dimana proses pembuatannya hanya dikukus saja dengan tujuan agar kandungan katekin yang berada didalamnya tidak hilang karena proses fermentasi dan pengeringan. Sedangkan teh hitam yang biasa kita konsumsi sehari-hari diproses secara fermentasi sehingga memicu hilangnya kandungan senyawa anti oksidan atau (katekin).